http://www.google.com/2005/gml/expr'> KISAH KI JAKA DOLOG INDRAMAYU - Indramayu Tradisi
SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI, LESTARI WARISAN NENEK MOYANG JAYALAH NEGERI

KISAH KI JAKA DOLOG INDRAMAYU




Makam Ki Jaka Dolog terdapat dipertengahan empang milik warga di desa Karangsong, atau sebelah utara Perumahan Pabean Kencana Indramayu. Siapa sesungguhnya Ki Jaka Dolog tidak ada yang tahu jika ada yang tahu belum tentu pasti, tapi Ki Jaka Dolog ini hidup hanya dengan sang ibu yang menjanda ditinggal mati suaminya semenjak Ki Jaka Dolog masih kecil dan memilih tidak menikah lagi dan membesarkan anak semata wayangnya.




Area Makam Jaka Dolog

Setelah Ki Jaka Dolog dewasa ternyata dia memiliki kekurangan, yakni lamban dalam bergerak dan berpikir, tapi kasih sayang sang ibu begitu tulus padanya hingga sampai kapanpun dia bertekad tetap sayang dan menjaganya sebagai kenang-kenangan suaminya yang telah meninggal. Dia rela bekerja sebagai babu, beburuh ning tangga, mider gesek, kuli ngolahi iwak ning wong sing sudi ngerjakena jasane.
Ki Joko Dolog memiliki kebiasaan mencari ikan disungai, kadang lupa waktu dan lupa segalanya. Suatu ketika sang ibu yang sudah memutih dan bungkuk karena tua ini sakit dan meninggal dunia. Ki Jaka Bodo pulang dengan membawa ikan yang banyak dan ingin ia melihat ibunya senang tapi ia dapati ibunya terbaring diam diatas ranjang bambu reot dan usang di dalam bilik bambu yang rombeng-rombeng itu. Tapi karena Ki Jaka Dolog memiliki cacad dia menganggap sang ibu tidur, dia sadar wanita ini begitu menyayanginya dan dia sangat ingin membalas budi, tapi sang ibu tetap kaku membisu, sampai keduanya meninggal ditempat.

Kisah ini sangat penuh makna untuk direnungi karena memiliki pesan untuk diteladani di jaman yang modern tapi kadang kasih sayang tidak lagi menjadi tujuan keluarga.
Makam Ki Jaka Dolog ini saban tahunnya selalu diadakan acara adat unjungan dengan mengetengahkan pertunjukan wayang dan pengajian.

Sedangkan versi lain Ki Jaka Dolog ini adalah seorang ulama yang memiliki kebiasaan mencari ikan yang aneh. Makamnya yang panjang bukan karena tubuhnya yang tinggi tapi alat pencari ikannya yang panjang,  yang dikubur bersama.

Wallahu'alam.

Subscribe to receive free email updates:

Banyak dikunjungi :