http://www.google.com/2005/gml/expr'> MITOS JALA IKAN MASYARAKAT INDRAMAYU - Indramayu Tradisi
SELAMAT DATANG ! Anda sedang mengunjungi website terbaik dan terpercaya di Indramayu dan sekitarnya. Silahkan PASANG IKLAN ANDA DISINI

MITOS JALA IKAN MASYARAKAT INDRAMAYU




Jala ikan adalan alat yang digunakan untuk menangkap ikan di sungai, pantai atau danau. Jala berbentuk bulat menggkerucut dan berbahan benang nilon dimana ujung dasar diberi pemberat dan diujung atas diberi tambang sebagai pegangan dari sang penjala.

Karena masyarakat Indramayu berada dalam lingkungan geografis sungai dan pantai, jala begitu banyak menjadi kisah yang melegenda.

Ada nama sumur Jalatunda yang berada di desa Karangtumaritis, Kecamatan Haurgeulis, yang konon dulunya terdapat sebuah jala yang tertinggal atau atau tertunda sehingga disebut sumur Jalatunda, atau kisah betapa takutnya buaya pada seorang penjala karena sang penjala selalu membawa benang yang digulung di sebatang bambu yang pipih dan runcing atau disebut coban sehingga timbul keyakinan jika seseorang merasa diteror ular siluman maka orang tersebut diikhtiarkan tidur didalam kelambu jala.

Kisah legenda desa-desa di Indramayu bisa klik disini

Subscribe to receive free email updates:

Banyak dikunjungi :