MENJADI PEMASOK PRODUK LOKAL UNTUK PERUSAHAAN RITEL KENAPA TIDAK ?

Menjadi penyedia stok barang diperusahaan ritel semacam Alfamart, Toserba Yogya dan lain sebagainya bukanlah suatu hal yang tidak mungkin.


Indramayu memiliki buah mangga atau penghasil beras. Dua komoditas itu bisa menjadi produk lokal yang dijual di perusahaan ritel. Kita yang memasok, perusahaan ritel yang menjual.
Lihat Alfamart nyaris disetiap kecamatan pasti ada, bayangkan jika produk lokal kita semisal mangga ada didalamnya. Bisa dibayangkan mangga lokal kita dijual diseluruh Indonesia di Yogya Toserba dengan harga mahal dengan kualitas baik. Apalagi jika yang kita pasok adalah produk olahan seperti bandeng tanpa duri, abon terasi, olahan ikan lele atau semangka jenis inul, semua bisa dijual diperusahaan ritel. Semuanya membutuhkan proses yang harus dilalui tahap demi tahap.
Untuk menjadi pemasok secara garis besar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi :
1. Pihak pemasok harus berupa lembaga misal gabungan kelompok tani (gapoktan), koperasi atau perusahaan.
Lembaganya harus valid, berbadan hukum dan manajemen profesional.
2. Memiliki produk unggulan yang berkesinambungan, kualitas terbaik, memenuhi standar mutu nasional serta lulus uji kelayakan konsumsi dari pihak terkait (jika yang dijual adalah produk makanan).
3. Melakukan penawaran secara online dan offline kepada perusahaan ritel dan meminta untuk diadakan survey kelayakan produk.
4. Jika perusahaan ritel setuju selanjutnya akan ada kontrak kerja dimana ada syarat yang wajib dipenuhi pemasok misalnya menyediakan mangga sekian ton pertahun atau menyediakan beras sekian ton setahun.
Perjanjian kontrak harus dipenuhi.
Selanjutnya tinggal memanajemen segala hal sesuai perjanjian kontrak kerja tersebut jika tidak bisa memenuhi kontrak maka perjanjian digugurkan bahkan berupa sanksi.
Kewajiban yang lain dari pemasok tidak boleh menjual produk yang sama ditempat lain diluar perjanjian kontrak kerjasama.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel