Seberapa mungkinkah kawasan Indramayu dipilih menjadi ibukota baru Jawa Barat ?

Rebana Golden Triangle

Kawasan Indramayu jika ditarik tiga titik kota (Cirebon, Kertajati Aerocity dan Patimban Port) dengan garis lurus maka akan masuk dalam Rebana Golden Triangle yang rencananya akan menjadi kawasan industri dan kota modern terintegrasi.
Menurut perhitungan jika rencana ini terwujud maka Indramayu adalah kawasan yang paling diuntungkan karena akan menjadi lalulintas pendistribusian barang dan jasa.

Dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyebut salah satu alternatif pilihan pindahnya ibu kota Jabar adalah wilayah Rebana Golden Triangle.

Idealnya memang ibukota baru ada disekitaran ini misal di kawasan Hutan Sinang Cikedung yang lahannya masih milik negara dan kurang produktif.

Sedangkan 2 pilihan Ridwan Kamil lain sebagai ibukota baru adalah Welini dan Tegalluar yang keduanya masih dalam kawasan Bandung juga.

Lalu bagaimana nasib status Indramayu sebagai lumbung padi nasional ?

Dalam rencana Rebana Golden Triangle daerah selatan dan tengah Indramayu menjadi kawasan Agroindustri modern berteknologi tinggi.

Video situasi pasaran mingguan desa Cikedung :



Harus dipertimbangkan populasi penduduk naik begitu cepat dan mau tidak mau akan menggerus lahan pertanian yang terbatas, sementara lahan pesawahan pun hanya dimiliki oleh sebagian kecil warga.

Populasi penduduk yang terus bertambah akan menaikan kebutuhan hidup pula yang tidak mungkin terpenuhi jika harus terus menerus menjadi buruh tani.

Maka diperlukan terobosan besar dengan membuat kawasan industri yang bisa menciptakan lapangan kerja.

Sementara Agrobisnis berteknologi tinggi adalah jawaban pemenuhan kebutuhan pangan modern tanpa perlu lahan yang luas seperti yang dilakukan Jepang atau Taiwan.

Dengan dukungan infrastruktur yang ada dan sedang dibangun kini, kawasan Indramayu selatan bisa menjadi pilihan utama sebagai calon ibukota baru Jawabarat jika Propinsi Cirebon tidak terealisasi.

Anda juga bisa baca artikel menarik tentang masa depan Indramayu sebelum wacana Rebana Golden Triangle bergaung disini.

Banyak dikunjungi :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel