Kiai Suwarto, Kiai Thoriqoh Penggerak NU Kandanghaur

Kiai Suwarto lebih dikenal dengan sebutan Ust. Warta lahir di Indramayu pada tanggal 2 Februari 1948. dan wafat pada tanggal 24 November 2017. 

Beliau adalah putra ketiga dari Bpk. Maskara dan Ibu Karsiyem. Beliau dilahirkan dalam keadaan kembar dengan saudari perempuan yang diberi nama Warti yang meninggal tidak lama setelah dilahirkan.

Beliau dari kecil terbiasa hidup dalam kesederhanaan, bahkan tergolong serba kekurangan, bahkan disela sela ia belajar, disempatkan pula untuk bekerja keras demi membiayai pendidikannya dimulai dari SD, SMP, dan PGA. Ketika beliau belajar, sang guru menyuruh beliau untuk mengajar, karena memang terlihat kecerdasannya dari mulai kecil. 

Beberapa guru yang berpengaruh dalam proses belajar Ust. Warta di antaranya adalah K.H. Syuhada dan K.H. Fahrurrozi. Juga beliau belajar Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah dibawah bimbingan wali kutub Syaikh Ahmad Shohibul wafa Tajul 'Arifin q.s.a (Abah Anom)


Setelah beliau menginjak masa dewasanya, beliau banyak bergaul bahkan teramat akrab dengan beberapa tokoh agama kecamatan hingga kabupaten. seperti K.H. Ahmad Jamali (Ketua MUI Kab. Indramayu), K.H. Munawir Amin (Pengasuh pondok Pesantren Darun Nahwi Indramayu), K.H Bisyrie Marzuki (Pengasuh pondok pesantren Darussalam Sukalila Indramayu), K.H. Masyuri Baidlowie (Pengasuh Pondok pesantren Darussalam Kandanghaur Indramayu), dan K.H. Abdul Hakim Zakaria Eretan.

Seumur hidup beliau diperuntukkan untuk melayani umatnya. dari tingkat desa hingga tingkat Kecamatan. 
Tentang Ke-NU-an secara kultural, memang beliau penggerak khusunya di wilayah kecamatan Kandanghaur. dan secara struktural, beliau pernah menjabat sebagai Musytasar NU MWC Kandanghaur.

Beliau menikahi perempuan dari keluarga yang sangat religius. yakni Ibu Mardiyah binti K. Asmuri bin K. Masduki. dan dikaruniai keturunan:

1. Olish Nurcholish

Putra pertama yang lahir pada tanggal 16 Agustus 1973 di Indramayu. Pernah belajar di SDN Parean Girang Kandanghaur, MTs. Ibnu Hajar Kandanghaur Indramayu, MA. Darunnahwi Indramayu, serta menamatkan pendidikan S1 di Al Amin Kandanghaur Indramayu. Sempat mengajar di SDN Kandanghaur 1 dan Madrasah Diniyah Anjatan, namun sekarang bekerja di Bank. Pada 2015 belajar thoriqoh di Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah Sirnarasa Ciamis, dibawah bimbingan Syaikh Muhammad Abdul Ghaos SM RA QS (abah Aos) r.a. murid dari abah Anom q.s.a

2. Elly Nurmaliah

Putri kedua yang lahir pada tanggal 5 mei 1975 di Indramayu. Pernah belajar di SDN Parean Girang Kandanghaur, MTs Darun Nahwi Singajaya Indramayu, MA Darun Nahwi Singajaya Indramayu, dan STIT Al Amin Kandanghaur. Pernah mengajar di RA Al Adib, dan DTA Al Ma'arif Gabus Wetan Indramayu. Sekarang mengajar di RA Nurul Muthmainnah Kandanghaur, dan merangkap menjadi Penyuluh Agama Islam honorer di wilayah Kec. Kandanghaur.

3. Chairon Nurwahid

Putra ketiga yang lahir pada tanggal 23 September 1978 di Indramayu. Menempuh pendidikan di SDN Parean Girang Kandanghaur, MTs Ibnu Hajar Kandanghaur, SMAN Kandanghaur, D2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, S1 di IAI Al Aqidah Jakarta, dan S1 (melinierkan PGSD) UT Jakarta. 2003 - 2005 kuliah non gelar di bawah naungan MUI pada Pendidikan Dirosatul 'Ulya (PDU). Pernah belajar ngaji di pesantren Al Qudsiyah Tegal gubug Lor Cirebon, pimpinan K.H. Abdul Mughni. dan sempat berjumpa pula dengan Al Mukarrom K.H. Muhyi r.a. Selain itu dia juga pernah mengabdi pada Pesantren Gabus Wetan Indramayu K.H Suhaemi, dan dimatangkan di Yayasan Yadillah Jakarta dibawah bimbingan K.H. Fathoni Abdullah. Pada 2005 mulai belajar Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah di bawah pimpinan abah guru Syaikh Abdurrahman r.a. di Pesantren Miftahus shudur Bogor. juga talqin pula di bawah bimbingan Syaikh Ahmad Shohibul wafa Tajul 'Arifin q.s.a. Sejak lulus Pesantren, pada tahun 1999, Chairon muda ikut mengajar pada MD/TPA Yadillah Jakarta Selatan hingga tahun 2005. Setelah mencoba beberapa profesi ahirnya pada tahun 2000 memantapkan diri untuk menjadi Guru pada SDI Al Islamiyah Jakarta, dan beberapa lembaga pendidikan lain seperti SMP dan SMA Cilincing Jakarta Utara (2003 – 2008) dan MI Al Mubasyirin Jakarta (2008 – 2015). Saat ini Putra ketiga Ust. Warta ini sejak tahun 2018 menjabat sebagai Rois Syuriah Ranting Istimewa Perumahan Bogasari - Harapan Mulya Regency.

4. Emil Nurmillah
 

Putri keempat ini lahir pada tanggal 9 Oktober 1981 di Indramayu. Menempuh pendidikan dari SDN Wirapanjunan, MTs Ibnu Hajar Kandanghaur, MA Misaya Mina Kandanghaur, D2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, S1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Bersama dengan kakaknya, Chairon, pada tahun 1999 sd. 2002 mengabdi di RA dan MD Yadillah Jakarta. Pada Tahun 2003 s.d 2004 pindah mangajar di TK Islam Darussalam al Amin Jakarta, dan sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang mengajar di MI Miftahul Jannah Jakarta. Oman Hidayaturrohman. Putra bungsu ini lahir pada tanggal 3 Maret 1984 di Indramayu. Sekolah dimulai SDN Wirapanjunan, MTs. Darussalam Sukalila Indramayu, MA Misaya Mina Kandanghaur, dan menamatkan S1 di STAI Laa Roiba Sukahati Bogor. 

Belajar Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah di pesantren Miftahus Shudur Bogor di bawah bimbingan Syaikh Abdurrahman r.a. Sejak Tahun 2013 pergi merantau bersama keluarga kecilnya di Bogor dan mengajar di SD Pondok Terong Depok, dan pada tahun 2015 hingga sekarang menjadi guru sekaligus wakil kepsek bidang kurikulum di SMK Fajar Depok.

Sumber : Buku Jejak Ulama Nahdlatul Ulama Kabupaten Indramayu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel