LEGENDA DESA SUKADANA TUKDANA INDRAMAYU


Awal kisah ada seorang pengembara yang sedang mencari hewan peliharaannya, pengembara tersebut bernama Sultan Nurawan, dari desa Sukadan, Sumber Cirebon.

Nisan Buyut Sukadana


Hewan yang dicari bernama Dugul yakni berupa seekor Rusa, sebagai hewan kesayanganya, oleh karena itu ketika Rusa kesayanganya itu hilang, ia mencari kemana-mana dan sampailah Dermaga Malang, dipemukiman penduduk dan menginap disana sambil memberi ilmu.
Dan akhirnya si Dugul pun ketemu namun sayang sudah mati terbunuh.

Merasa hewan kesanyanganya telah tiada, maka Sultan Nurwan pun kemudian pulang ke Cirebon, ke tempat asalnya, sebab baginya pencariannya telah usai.

Selepas kepergian Sultan Nurawan dari pemukiman yang ia tumpangi itu, rupa-rupanya pengajaran Sultan Nurawan yang diberikan kepada penduduk dapat diserap dengan baik oleh penduduk. Mereka akhirnya kemudian sepakat bahwa pemukiman yang mereka tinggali itu harus segera dibuat sistem pemerintahannya agar kehidupan sosial syarakat di pemukiman tersebut tertata dengan baik.

Berdasarkan musyawarah yang telah dilaksanakan, akhirnya diputuskan untuk mengangkat seseorang menjadi Kuwu dan menamai pemukiman yang belum bernama itu dengan nama Sukadana. Di ambilnya nama Sukadana sebagai nama desa yang baru didirikan itu sebagai penghormatan kepada Sultan Nurawan, karena memang ia dikisahkan berasal dari suatu desa yang bernama Sukadan sekaligus sebagai penjaga semangat masyarakat disana yang suka bekerja keras dalam berusaha apapun.(Soe)

Dari berbagai sumber 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel