Forum Demokrasi Mahasiswa Subang (FDMS) Lakukan Aksi Peduli Lingkungan Hidup

Forum Demokrasi Mahasiswa Subang (FDMS)  melakukan aksi peduli lingkungan  hidup di Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas PTMPTSP Kabupaten subang, senin (06/06/2022). 


Aksi damai yang diikuti oleh 10 orang lebih tersebut terkait penolakan pembangun pabrik limbah B3 di sekitar pemukiman warga dan daerah aliran sungai Cilamatan. 


Kordinator Forum, Ujang Bawon mengatakan atas dasar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Permen LHK Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Dan Persyaratan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun. 

Pendirian Pabrik Limbah B3 di Padaasih terkesan di paksakan, dimana lokasi berdekatan dengan pemukiman warga dan daerah aliran sungai Cilamatan kemudian perusahaan yang belum mengantongi izin ini tetap ada kegiatan pembangunan padahal secara aturan tidak boleh" ujarnya.

Menurutnya, hal ini  banyak menuai dampak-dampak negatif. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik.

"Kita meminta kepada Bapak Bupati beserta jajarannya untuk menghentikan pembangunan pabrik pengolahan limbah B3 karena berbahaya," katanya.

Pada kesempatan ini pula, Orator Aksi menyampaikan bahwa " Saya sangat menyayangkan sikap Bupati dan Dinas-dinas terkait  yang terlihat lemah dalam  fungsi kontrolnya pada pabrik limbah B3 di Desa Padaasih Kecamatan Cibogo ini " tutur Fauzan

Hal ini menurut nya, Harus segera menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah, agar dapat Menyelamatkan Lingkungan Hidup yang ada di Desa Padaasih dari bahaya pabrik limbah B3 .

" Lokasi pembangunan Pabrik limbah B3 tidak boleh kurang 300 Meter jauhnya dari pemukiman warga "' tutur Fauzan  

Selain melakukan unjuk rasa aksi kali ini terbilang unik, para mahasiswa melakukan beberapa aksi teatrikal yang menyindir pemerintah yaitu pengusiran roh jahat, kemudian tidur bersama di bawah terik matahari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel