Mushola Al Ikhsan Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Masyarakat Sekitar Mushola Al Ikhsan sangat antusias sekali, sehingga masyarakat berbondong - bondong menghadiri peringatan maulid Nabi  Muhammad SAW. 

Ustadz Ibnu Ubaidilah mengatakan bahwa Maulid Nabi adalah salah satu peringatan besar bagi umat muslim. Saat menyambut maulid Nabi Muhammad SAW maka segenap umat diwajibkan untuk memperbanyak sholawat dengan bacaan doa menyambut maulid Nabi. Ini ditunjukan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan  memperteguh keimanan.


Saat Maulid tiba, juga melakukan puasa. Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw ini juga di anjurkan bagi segenap umat muslim agar semakin memperbanyak kebaikan agar mendapatkan keberkahan.

Bahkan di Indonesia sendiri berbagai tradisi diselenggarakan untuk memperingati momen kelahiran Nabi Muhammad Saw. Yang dirayakan oleh masyarat Indonesia khususnya  di mushola Al Ikhsan.  Ada yang menggelarnya di tanggal 12 Robiul Awal yang mana merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad, Namun ada  juga mengadakan acara peringatan jauh-jauh hari sebelum tanggal 12 Robiul Awal.

Bahkan KH. Zainal Arifin Sebagai Pengasuh Mushola Al Ikhsan Mengatakan secara etimologi Maulid Nabi Muhammad SAW bermakna hari, tempat atau waktu kelahiran Nabi  Muhammad Saw. Namun secara terminologi Maulid Nabi adalah sebuah upacara keagamaan, yang diadakan  kaum muslimin untuk memperingati kelahiran Rasulullah   SAW.

Peringatan ini juga diadakan dengan harapan menumbuhkan rasa cinta kita kepada Rasulullah Saw. Perayaan maulid merupakan tradisi tradisi yang berkembang di masyarakat islam jau setelah Nabi Muhammad wafat . Peringatan Maulid diperkirakan pertama kali diperkenalkan Oleh Abu Said Al Qakburi, yang merupakan gubernur Irbil diIrak, bahkan sampai sekarang kita masih memperingati hari kelahiran Nabi muhammad.  pada masa pemerintahan sultan Salahudin Al Ayyubi (1138H atau 1193M).

Perlu di Ketahui  bahwa dalam kehidupan Rasulullah  SAW faktanya tidak diriwayatkan yang menyebutkan setiap hari ulang tahun, kelahiran Nabi melakukan kegiatan Ritual tertentu. Bahkan para sahabat pun dalam sejarah yang kita baca perna mengadakan ihtifal, Namun secara khusus setiap tahun untuk mewujudkan kegembiraan karna memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Masyarat Islam Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengatakan peran-peran keagamanan misalnya  pembacaan Sholawat Nabi, Pembacaan Syair Barzanji, dan pengajian lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh  tokoh masyarakat, wali santri seluruh jama'ah Mushola Al ikhsan.


Pewarta : Muhammad Hayyan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel