Prodi Manajemen Haji dan Umroh (MHU) dan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBIS) adalah Kebanggaan IAIMA Darul Fikri Indramayu

IAIMA Darul Fikri Indramayu adalah kampus baru yang belum genap satu tahun dalam proses perkuliahan, tapi sudah mulai menunjukkan geliat menuju kebangkitannya. Kampus dengan No. SK Menteri Agama Republik Indonesia No. 799 Tahun 2022 yang ditetapkan di Jakarta 29 Juli 2022 oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaumas ini mempunyai 3 Fakultas dan 6 Prodi. Fakultas Tarbiyah ada prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ushuluddin dengan prodi Sosiologi Agama-agama (SA) dan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBIS) dengan prodi Manajemen Haji dan Umroh (MHU) dan Perbankan Syariah (PS).


Diantara 3 Fakultas yang ada, adalah FEBIS yang kemungkinan akan dimaksimalkan menjadi pendobrak menopang perekonomian yang ada di Darul Fikri. Sebab 2 prodi yang ada yaitu prodi MHU akan disinergikan dengan PT. Darul Fikri Mandiri untuk pengelolaan Travel Haji dan Umroh dan prodi PS untuk pengelolaan keuangannya dengan Koperasi Darul Fikri Sejahtera. Bahkan 2 prodi ini juga diprediksi ketika disandingkan akan bisa menjawab berbagai masalah finansial keluarga besar jamaah Darul Fikri yang oleh banyak orang merupakan permasalahan berat. Sehingga siapa saja yang berkeinginan melaksanakan Rukun Islam yang ke 5 baik itu ibadah Haji maupun Umroh, Pondok Pesantren Darul Fikri Bongas Indramayu akan bisa membantu secara cepat untuk menyelesaikan keinginan semua orang. Tegas Hambali Abbas sebagai Dekan FEBIS.

Pria kelahiran Indramayu 7 Oktober 1979 sekaligus suami dari Raina dan ayah Ahmad Dinar Nur Fatih, Sulthan Chaedar Jalaluddin serta Roudhoh Chozain Rizqiya ini juga punya semboyan kerja cerdas dan tawakkal yang melekat dalam dirinya yang terus tumbuh menjadi karakter dan jati dirinya, sehingga mampu menjadikan ia sebagai sosok pribadi yang Religius dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Pendidikannya diawali di MI TWT Bedengsatu kemudian masuk MTs GUPPI Bugis dan melanjutkan ke MA TMI di Pondok Pesantren Al-Amin Madura. Dengan modal pemahaman dari Pondok Pesantrennya di Madura kemudian melanjutkan pendidikan Strata 1 di MPI di STAI Al-Qudwah Depok dengan gelar S.Pd.I. dan saat ini sedang menunggu jadwal Wisuda S2 di salah satu Program Pascasarjana Magister Manajemen di Perguruan Tinggi di Bandung.  


Alumni 1994 Pondok Pesantren Darul Hikmah Bedengsatu 1994 dan Pondok Pesantren Al Amin Madura 1998 ini, bertekad mau memadukan pedidikan formal dan non formal kedalam  keilmuannya dalam sebuah rancangan ide dan gagasan yaitu bercita-cita menjadikan mahasiswa/i IAIMA Darul Fikri Indramayu menjadi sebagai generasi penerus yang sukses masa depan di berbagai bidang yang digelutinya sehingga mampu berbuat baik dengan menolong orang lain menggunakan hasil kesuksesannya. 

Tujuan mulia ingin menjadikan alumni FEBIS baik dari MHU maupun PS sebagai Personal Holistik diharapkan mampu menginspirasi masyarakat ditengah gempuran kemajuan zaman yang serba canggih adalah sesuatu yang menjadi tujuan utamanya Dekan. Senada ungkapan di atas juga dikatakan bahwa orang yang baik bukanlah orang yang semasa hidupnya tidak punya salah, tapi manusia baik adalah manusia yang pernah melakukan salah kemudian menyadarinya dan terus merubah untuk selalu berbuat baik bahkan lebih baik, yang terpenting lagi jangan sampai terperosok melakukan kesalahan lagi, demikian yang dikatakan oleh ketua BPH Ya Dafik KH. Abdul Hamid Assumboni dalam memotivasi semua Dosen IAIMA Darul Fikri Indramayu.

Dekan yang sudah malang melintang di dunia pendidikan dan bisnis ini di tahun 2003 pernah menjadi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di MTs Tansyitul Mutaallimin Citayam Depok. Disamping pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan di SMK Izzata Depok. Pada puncaknya pernah menjadi Kepala Sekolah MA Tansyitul Mutaallimin Citayam tahun 2004-2007. Dalam dunia bisnis pernah menjabat Manajer Umroh & Haji di PT. Suhada Arafah Wisata (2009-2010) dan Direktur PT. Doa Arafah Madinah (2011-2019). Dari pengalamannya di dunia Pendidikan dan Bisnis, maka sangat pas beliau menduduki Jabatan Dekan FEBIS  IAIMA Darul Fikri Indramayu.

Pribadi yang menyukai dunia pendidikan dan bisnis, dibekali ilmu pengetahuan yang mumpuni serta pengalaman yang matang menjadikan ia sebagai sosok Dekan yang paripurna. 

Kepribadian beliau yang kuat akan nilai religiusitas dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi menjadikan beliau sosok teman sekaligus dosen yang sangat diterima dihati rekan-rekan kerja dan tim seperjuangannya untuk memajukan Kampus Hijau Toska IAIMA Darul Fikri Indramayu. Semua dilakukan atas dasar menata hidup supaya bermanfaat dimanapun diri kita ini berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel