Kerja Keras Kiai Yunus Babakanjaya Dalam Berdakwah




Kiai Yunus adalah ketua Ikatan Alumni Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin. Beliau tinggal di desa Babakanjaya kec. Gabuswetan Indramayu. Dilahirkan oleh orang tua petani di Blok Kandanghaur Babakan kec. Gabuswetan Indramayu. Beliau berprofesi sebagai pedagang golok, arit, pedang, pacul dsb. Keseharian beliau ketika tidak berdagang adalah membuat doran (gagang pacul) gagang arit dan juga golok. Ketika saya tanya berapa doran sehari bisa dibuat, beliau menjawab bisa 20 lebih.



Selain berdagang ke pasaran di wanguk, bugis, anjatan dan babakan, beliau juga melanjutkan orang tuanya bertani. Dari usaha ini beliau aktif dalam kerja-kerja dakwah di Nahdlatul Ulama. Saya takjub sekali ketika beliau nelpon saya suatu waktu karena terlambat di acara Lailatul Ijtima di gabuswretan.

"Kang punten saya agak telat, saya tutup dagangan dari wanguk isya lanjut ke lokasi." katanya

Setelah sampai di lokasi beliau langsung ganti baju dan kemudian mengisi pengajian. Beliau seorang yang alim dalam pemahaman ilmu agama. Cara beliau membacakan do'a sangat khas.

Dari beliau kita belajar bahwa kerja dakwah harus dibiayai dengan kerja keras yang halal. Dengan berdagang dan bertani beliau bisa membiayai anaknya hingga sarjana. Beliau menghadiri acara kemana-mana dengan motor sederhananya.

Kiai Yunus yang pernah menjadi wakil katib PCNU Indramayu 2017-2022 ini selalu aktif menghadiri acara-acara NU kemanapun. Baginya acara NU adalah prioritas untuk selalu beliau hadiri tidak ada kata cape tidak ada kata sibuk. Beliau selalu menyemangati kader-kader muda NU Gabuswetan untuk terus berkhidmat dalam semua kondisi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel