PENGUATAN ACADEMIC WRITING MAHASISWA INSTITUT PADHAKU MELALUI WORKSHOP MENDELEY REFERENCE MANAGER

Indramayutradisi.com-Menulis ilmiah menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh Mahasiswa. Menulis ilmiah akan mampu mendorong kemampuan bernalar mahasiswa untuk menganalisis dan memecahkan suatu masalah sesuai lingkup bidang kajiannya. Namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang masih kesulitan dalam menulis ilmiah khususnya dalam penyusunan daftar pustaka secara otomatis.

Guna menjawab keresahan mahasiswa tersebut maka salah satu Dosen Pengampu Mata Kuliah Seminar Kependidikan di Prodi PGSD Institut Pangeran Dharma Kusuma Aan Yuliyanto, M.Pd. berinisiatif menyelenggarakan Workshop Mendeley Reference Manager agar mahasiswa mampu menyusun daftar pustaka otomatis dengan mudah.

Kegiatan Workshop Mendeley Reference Manager ini diselenggarakan oleh Prodi S-1 PGSD Institut Padhaku pada Kamis, 21 September 2023 pukul 13.00-15.00 WIB di Ruang Kelas Institut Pangeran Dharma Kusuma. Kegiatan ini diikuti oleh 30 Mahasiswa Semester VII A dan VII B PGSD. Dalam Kegiatan tersebut mahasiswa diwajibkan untuk membawa laptop dan 2 buah buku cetak/e-book yang menjadi buku rujukan dalam menyusun proposal skripsinya.

Dalam mengikuti kegiatan ini mahasiswa diberikan pengenalan fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Mendeley dan meng-install-nya dalam Laptop masing-masing. Setelah itu, Mahasiswa diarahkan untuk mempraktikkan secara langsung pembuatan daftar isi otomatisnya mulai dari mencari rujukkan artikel dalam jurnal nasional dan internasional melalui Google Scholar dan meng-input-kan artikel yang menjadi rujukan proposal penelitian skripsinya.

Banyak yang masih merasa kesulitan pada awalnya namun setelah dibimbing dan belajar dengan temannya yang sudah berhasil mahasiswa merasa mudah dalam menyelesaikan penyusunan daftar pustakanya. Hal tersebut dikatakan oleh Luthfi Fitriani Nurzanah selaku peserta workshop dari kelas VII B, “Terima kasih pada Pak Aan karena dengan diadakan Workshop kemarin sangat membantu saya dalam penulisan penelitian. Terima kasih telah mempermudah langkah kami yang sedang berjuang hehe”. “Menambah wawasan yang sebelumnya tidak saya dapat, dan mempermudah penyusunan daftar pustaka penelitian skripsi saya, seneng rasanya nemuin workshop ini, workshop yang membuat ketar ketir tapi seru banget karena praktik secara langsung, Semoga kedepannya bisa diadakan di semester bawah agar memberi pengalaman belajar untuk bekal di semester akhir nanti tutur Rukoyah salah satu peserta dari VII A.

Harapannya dari kegiatan Workshop Mendeley Reference Manager ini akan menjadi bekal Mahasiswa Semester VII PGSD dalam menyusun Skripsinya kelak dengan mudah dengan penyusunan daftar pustaka otomatisnya sehingga dapat menyelesaikan skripsinya lebih efektif dan efisien.

Pewarta: Aan Yuliyanto, M.Pd

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel