IMLEK DAN 'MACAN LAIRAN'

Banyak yang salah mengartikan kalimat : Gong Xi Fa Chai.

Gong Xi Fa Chai artinya bukan selamat tahun baru atau semoga anda sukses tapi memiliki arti semoga anda kaya. Dengan kaya maka bisa berbagi. 

Gerbang Buyut Tambi
Gerbang Buyut Tambi, Indramayu 
Foto : Indramayutradisi (2021)

Awal tahun China atau imlek diyakini memberi pengaruh besar keberuntungan untuk periode satu tahun kedepan bagi sebagian masyarakat Tiong Hoa yang beragama Kong Hu Chu/Budha. Diantaranya ada yang membaca hujan, shio tahun, sajian sembahyang dan angpao.

Misalnya jika dihari Imlek hujan maka pertanda rezeki tahun yang akan dimasuki banyak dan lancar baik hujan itu lama atau sebentar.


Perayaan Cap Go Meh di Indramayu 2020 (Foto : Tasoeka)


Di masyarakat Indramayu dulu ketika dihari Imlek lalu hujan turun namun seketika cerah kembali disinari mentari dikenal dengan sebutan 'macan lairan'. 

Macan yang dimaksud mungkin macan keoptimisan dan kerja keras guna  mencapai kesejahteraan agar kita juga bisa kaya seperti mereka.

Perayaan Cap Go Meh di Indramayu 2019 (Foto : Putri Bachtiar al Ayub)


Istilah 'macan lairan' adalah simbolisasi etos kerja warga Tiong Hoa yang sebenarnya pantas kita tiru, diakui atau tidak warga Tiong Hoa banyak mewarnai budaya, seni bahkan kuliner kita, kini saatnya cara-cara mereka dalam berbisnis kita tiru juga.

Namun warga Tiong Hoa selalu digambarkan disudut paling buruk dan seakan pantas disingkirkan padahal sebelum negeri Indonesia ada mereka sudah ada, mereka berasimilasi dengan berbagai penduduk setempat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel