23 Peristiwa Penting di Hari Asyura

Indramayu - Para Nabi mengalami peristiwa penting yang bertepatan dengan hari Asyura atau pada 10 Muharram. Ada pula peristiwa penting yang diciptakan oleh Allah SWT bertepatan dengan hari Asyura.


Berikut beberapa peristiwa penting di hari Asyura:

1. Allah SWT menciptakan 'Arasy.

2. Allah SWT menciptakan malaikat Jibril.

3. Allah SWT menjadikan Lauh Mahfudz.

4. Hari pertama Allah SWT menciptakan alam.

5. Hari pertama Allah SWT menurunkan rahmat.

6. Hari pertama Allah SWT menurunkan hujan dari langit.

7. Nabi Adam as, diterima taubatnya oleh Allah SWT. Ketika beliau berada di surga, beliau melanggar larangan Allah untuk memakan buah khuldi karena didesak oleh istrinya, Hawa. Nabi Adam kemudian diturunkan ke dunia. Sejak itulah dia mempergiat ibadahnya kepada Allah SWT sehingga taubatnya diterima.

8. Nabi ldris as diangkat oleh Allah SWT ke tempat yang tinggi. Beliau memperoleh derajat yang luhur karena beliau selalu bersifat belas kasihan kepada sesamanya.

9. Nabi Musa as, mendapat anugerah kitab Taurat.

10. Nabi Ibrahim as, diselamatkan oleh Allah swt dari pembakaran raja Namrud. Beliau dituduh telah merusak, menghancurkan berhala di kuil tempat pemujaan Namrud. Beliau dilempar ke dalam api unggun yang menyala dengan hebat. Namun beliau selamat dan tidak merasakan panas. Tubuh Nabi Ibrahim pun tidak terbakar berkat bantuan Allah SWT.

11. Nabi Nuh as, diselamatkan oleh Allah SWT dari banjir besar yang merendam umatnya yang dzalim. Nabi Nuh as selamat bersama kaum mu'minin dan binasalah orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT.

12. Nabi Yakub as disembuhkan oleh Allah dari penyakit mata. Sejak Nabi Yakub mendengar kabar bahwa anaknya yaitu Nabi Yusuf as telah meninggal dunia, beliau sangat berduka cita dan sering mengeluarkan air matanya sehingga beliau tidak dapat melihat lagi. Namun setelah mendengar kabar bahwa Nabi Yusuf masih dalam keadaan selamat bahkan sudah menjadi menteri dan mengirimkan bekas pakaian yang dipakainya dulu sebagai bukti, maka terbukalah matanya, beliau pun bisa melihat lagi.

13. Nabi Yusuf as, dibebaskan dari penjara Mesir, setelah beberapa tahun ditahan akibat fitnah dari Siti Zulaikha.

14. Nabi Ayub as disembuhkan dari penyakit yang dideritanya.

15. Nabi Daud as disucikan dari dosa. Ia mengirimkan panglima perang ke medan perang. Panglima tersebut meninggalkan istri yang sangat cantik. Ada kabar panglima tersebut gugur dan Nabi Daud as dituduh sengaja mengirimkan panglima tersebut ke medan perang agar dapat mengambil alih istrinya.

16. Nabi Sulaiman as dikaruniai kerajaan yang besar dan indah. Nabi Sulaiman as tidak hanya menjadi rasul tetapi juga menjadi raja bagi semua hewan, jin dan raja yang disegani umatnya.

17. Nabi Yunus as dikeluarkan dari perut ikan Nun (jenis ikan yang sangat besar) setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.

18. Allah SWT mengizinkan Nabi Musa membelah laut Merah untuk menyelamatkan diri dari Kerajaan Fir'aun dan bala tentaranya.

19. Dilahirkannya Nabi Isa as.

20. Hari diangkatnya Nabi Isa as ke langit.

21. Diciptakannya ruh Nabi Muhammad SAW.

22. Dikandungnya Nabi Muhammad SAW di rahim Ibunda Aminah Ra.

23. Wafatnya cucu Nabi Muhammad, Sayyiduna Husein Ra.

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada hari Asyura 10 Muharram. Semoga deretan peristiwa ini bisa menjadikan kita sebagai umat yang bertakwa.

Dari berbagai sumber 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel