Damen Mundakjaya Festival 2

Indramayutradisi.com-Mayoritas masyarakat Indramayu adalah petani padi, setiap kali pasca panen maka petani biasanya akan membakar jerami (tulang padi, bahasa Indramayu : dami, jamak : damen) yang tidak hanya membuat polusi udara juga merusak kesehatan.

Atas inisiatiaf beberapa seniman dan budayawan di Cikedung diantaranya Sudarman, Ray Mengku Sutentra, Mas Gading, Ki Dalang Karno dan lainnya memanfaatkan jerami menjadi bahan kreatifitas seni.

Panggung Festival Damen Mundakjaya 2


Karya yang dibuat bisa berupa patung kuda, miniatur bangunan atau wayang yang berbahan jerami. Karya-karya, seni ini kemudian dituangkan dalam bentuk festival Damen Mundakjaya, Mundakjaya sendiri adalah nama sebuah desa di Indramayu yang menjadi lokasi festival.


Festival Damen Mundakjaya Pertama sukses diselenggarakan, kemudian pada 24 sampai 26 Agustus 2023 dilaksanakan festival Damen Mundakjaya ke dua, dilaksanakan dilokasi yang sama.

Dengan momentum hari kemerdekaan Indonesia yang ke 78, Festival Damen Mundakjaya ke 2 ini disambut masyarakat dengan antusias.

Festival yang kedua ini diisi dengan beberapa acara antara lain :

1. Pameran seni rupa bersama;

- Perupa Indramayu

Ade Rere Riyanto, Saitor Hidayat, Kingjerry Art, Lobus Songjulas, Sudarman Ssn, Umi & Umu, Bester SMA Negeri 1 Terisi. Rumah Daluwang Kardono Datasawala

- Perupa Yogyakarta

Tim RoyalHouse, L Surajiya, Eko Rahmi, Ndoro Pono, M.H Irawan, Iyan Antana, Ki Mujar Sangkerta.

Pameran Karya Seni

Patung yang berbahan jerami

2. Pertunjukan Seni

- Royal House Yogyakarta (M.H Irawan, Bambang Haryana, Ki. Mujar Sangkerta, Dr. Memet Chairul Slamet, Ndoro Pono Gimbal, Komang Gimbal, Kecuk Rastaman Gimbal, Firmansyah Firman, Iyan Antana, Eko Rahmy, Surajiyo, Marco Dinarta, Ari Tejo) 

- Tari Lovie Mask Dance

 - Sanggar Sabda Palon Naya Genggong 

- Sanggar Asem Gede

- Sanggar Kencana Kembar Kencana Kembar Dance

- Rengeng Santrian 

- Forum Gitaris Indramayu F.G.I 

- Baskatic

- Insomkustik

- Uthekras Uus, Ryan Rudyana DKK

- TK Al Islah Munjul

- TK Tunas Harapan Mulya dan Wali Murid 

- Bester SMA Negeri 1 Terisi

- SMK N 1 Lelea

- SMK NU Dharma Aji

- SMA N 1 Lelea

- SMK N 1 Cikedung 

Ditambah dengan workshop dami/jerami pemanfaatannya untuk pertanian dan kesenian, serta Karnaval dan Unjung Buyut. (Soe)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel