Kiai Zaenuddin, Kiai Tandur asal Kaplongan Indramayu

Sudah terkenal sejak dulu Desa Kaplongan menjadi rujukan para santri untuk menimba ilmu agama di wilayah sekitar eks kawedanan Karangampel, Juntinyuat, Krangkeng dan Kedokan Bunder. Setelah era KH. Arsyad Kaplongan estafet kajian keagamaan di lanjutkan ke putra dan menantunya, Kiai Nahrawi, Kiai Salim, dan se zaman dengan beliau adalah Kiai Zaenuddin.

Kiai Zaenuddin adalah tipe kiai tandur, murid beliau dari mana-mana, dari pelosok kampung se eks kawedanan Karangampel. Beliau mengaji dari satu tajug (surau) ke tajug lainnya, dari satu masjid ke masjid lainnya. Beliau juga mubaligh di undang dari satu pengajian ke pengajian lainnya.

Beliau adalah kiai yang 'alim, era tahun 70an sampai 90an beliau lah rujukan kiai-kiai untuk membahas persoalan-persoalan keagamaan. Selain kehebatan beliau membaca kitab kuning beliau sangat disegani dalam hal bahsul masail diniyyah. Selain mengisi pengajian di musholla dan masjid beliau juga membuka pengajian rutin di rumahnya, pesertanya kiai-kiai dari desa kaplongan, tanjungsari, tanjungpura dan ada juga dari kecamatan lain.

Selain produktif mengaji beliau juga produktif menulis, beberapa karya beliau adalah kitab ilmu nahwu, shorof yang beliau tulis sendiri kemudian difotokopi, nadzom dalam bahasa arab dan jawa tentang ilmu nahwu dan juga akidah. Namun sangat disayangkan beberapa karya beliau tidak tersimpan rapi dan banyak yang hilang setelah beliau meninggal.

Kiai Zaenuddin memiliki beberapa putra dan putri diantara yang menjadi ulama adalah Kiai Agus Makmur. Kiai Agus Makmur sudah menjadi penceramah kondang sejak masih muda, beliau kemudian mendirikan Pondok Pesantren Manbaul Hisan di Kaplongan. Namun sayang sekali Kiai Makmur tidak diberikan umur panjang beliau meninggal dalam usia yang masih sangat muda. Pondok Pesantren Manbaul Hisan adalah pondok pertama di Kaplongan yang ramai saat itu karena Kiai Makmur sangat terkenal saat itu. Jika di level nasional penceramah kondangnya adalah Zaenuddin MZ maka untuk wilayah Karangampel dan sekitarnya Kiai Agus Makmur lah tokohnya.

Murid kiai Zaenuddin banyak tersebar dimana-mana, ada yang menjadi kiai, ada yang menjadi tokoh dan kiai-kiai kampung yang terseber ke semua pelosok kampung. Beliau meninggalkan ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang, meski tidak banyak di bicarakan orang. Penulis sendiri adalah saksi kealiman beliau dan diajar langsung ilmu nahwu dan shorof dari beliau.(Yahya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel